5 Perusahaan Logistik Dengan Nilai Merek Terbesar di Dunia
Perdagangan global antar negara, kemajuan infrastruktur, ditambah kemajuan transportasi, dan teknologi informasi sangat mempengaruhi pertumbuhan logistik global, yang mana saat ini semakin pesat.
Perusahaan logistik adalah penyedia layanan penyimpanan dan pengiriman. Sebagian besar perusahaan logistik, disebut juga perusahaan 3PL (Third Party Logistics) menangani berbagai aspek termasuk manajemen supply chain, pengemasan, pengiriman, bahkan keamanan.
5 Perusahaan Logistik Dengan Nilai Merek Terbesar di Dunia. Berdasarkan data Supply Chain Digital, United Parcel Service (UPS) menjadi perusahaan logistik dengan nilai merek terbesar di dunia, yakni US$ 22 miliar pada 2021. Perusahaan asal Amerika Serikat ini mempekerjakan sekitar 444 ribu staf dengan sekitar 240 ribu pengemudi dan pengiriman paket hingga ke lebih dari 220 negara.
Diposisi kedua adalah FedEx Corporation, yaitu sebesar US$ 18,1 miliar. Perusahaan logistik ini terkenal dengan jasa pengiriman dalam semalam dan pelopor sistem pelacak lokasi paket.
Japan Railways Group di urutan ketiga dengan nilai merek sebesar US$ 11,1 miliar pada 2021. Japan Railways Group atau Grup Kereta Api Jepang ini terdiri atas tujuh perusahaan nirlaba yang mengambul alih aset kereta api nasional Jepang pada 1987. Di antara tujuh perusahaan tersebut, ada satu yang merupakan perusahaan kargo.
Diposisi keempat ada DHL Express Logistics merupakan anak perusahaan Jerman bernama Deutsche Post DHL. DHL memberikan layanan untuk individu hingga bisnis dengan berbagai solusi meliputi penyimpanan dan distribusi, bea cukai, asuransi, solusi supply chain, pengiriman dan industri. DHL memperkerjakan lebih dari 325.000 orang dan beroperasi di Amerika, Asia Pasifik dan Eropa. Pada 2021, DHL memiliki nilai merek sebesar US$ 10,7 miliar.
Diurutan kelima di tempati Union Pacific dengan nilai merek sebesar US$ 7,8 miliar pada 2021.
Perusahaan logistik juga sedang berkembang pesat di Indonesia sehingga mendorong munculnya banyak pemain baru dalam industri logistik. Pertumbuhan perusahaan logistik tanah air didorong oleh semakin berkembangnya tren belanja online serta kemudahan dalam akses internet.feb.