Brand Finance Rilis Daftar Perusahaan Paling Bernilai Pada 2021. Lembaga riset independen internasional Brand Finance kembali merilis daftar perusahaan paling bernilai pada 2021. Hasilnya, Telkom meraih predikat perusahaan paling bernilai pada 2021. Perusahaan yang juga Peraih Top Global 2000 Forbes tersebut memiliki nilai merek (brand value) mencapai US$ 3,85 miliar atau sekitar Rp 54,83 triliun (kurs US$ 1= Rp 14.242). Telkom Indonesia, selama berdiri sejak 1965, menyediakan jasa, informasi dan komunikasi, serta jaringan telekomunikasi secara lengkap di Indonesia.
Perusahaan BUMN ini telah berhasil mencapai penjualan sebesar 9,2 miliar dolar AS, dengan aset 15,8 miliar dolar AS, dan keuntungan 1,3 miliar dolar AS. Sedangkan laba bersihnya mencapai Rp20,80 triliun pada 2020. Angka tersebut meningkat sebanyak 11,5 persen dari tahun lalu.
Predikat perusahaan paling bernilai kedua diraih Bank BRI yang merupakan salah satu perusahaan perbankan dengan prinsip kerakyatan terbesar di Indonesia berikutnya. Perusahaan perbankan BUMN ini merupakan bank tertua di Indonesia yang didirikan pada 1896. BRI memiliki brand value sebesar US$ 3,09 miliar. BRI sukses dengan membawahi berbagai segmen, mulai dari UMKM, bisnis ritel, bisnis perusahaan, hingga bisnis anak perusahaan.
Baca Juga : Kualitas Internet Indonesia Masih Tertinggal Dari Negara Tetangga
Selanjutnya ada BCA, sebagai bank swasta paling sukses dalam negeri, perusahaan ini memiliki brand value sebesar US$ 2,49 miliar dan masuk di peringkat ketiga sebagai perusahaan paling bernilai di Indonesia.
Disusul Bank Mandiri yang berada diposisi keempat dengan brand value sebesar US$ 2,41 miliar. Bank Mandiri termasuk perusahaan BUMN dan salah satu bank terbesar di Indonesia dilihat dari segi aset, pinjaman, serta deposit yang dimiliki. Selayaknya perusahaan besar, Bank Mandiri ini memiliki beberapa anak perusahaan, di antaranya adalah Bank Syariah Mandiri, Mandiri Tunas Finance, Mandiri Sekuritas, AXA Mandiri Financial Service, Bank Sinar Harapan Bali, dan Mandiri AXA General Insurance.
HM Sampoerna di posisi kelima. Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia ini memiliki brand value sebesar US$ 2,40 miliar.
Dalam laporan yang sama, Telkom juga dinobatkan sebagai merek terkuat kedua di Indonesia setelah BCA. Telkom meraih skor 87,1 poin untuk predikat tersebut.