Tren belanja online setiap tahunnya kian meningkat. Pengetahuan soal belanja secara online sudah diketahui oleh masyarakat luas. Kini, Harbolnas 12.12 menjadi ajang bergengsi untuk diikuti oleh banyak pemain e-commerce, official store brand besar maupun UMKM yang dikelola secara mandiri. Sebagai pemilik bisnis, kamu tentunya perlu menyiapkan strategi untuk menyambut Harbolnas 12.12 agar tidak ketinggalan dengan toko lainnya. Salah satu strategi yang mampu mendatangkan konsumen yakni dengan menerapkan promosi seperti berikut.
- Bangun Awareness Konsumen
Sebelum memikirkan langkah promosi menarik, bangun awareness konsumen mengenai produk dari bisnismu. Brand awareness berguna untuk menunjukkan eksistensi brand dan produk yang kamu tawarkan. Setelah konsumen sudah mengetahui brandmu dan mengenal produk-produkmu, barulah mereka akan tertarik untuk berbelanja di toko onlinemu.
Mendorong konsumen untuk mengetahui brandmu bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah melalui pemasaran digital di depan halaman toko online, iklan pada media sosial, hingga mencantumkan iklan berupa penawaran diskon pada marketplace ternama tempat kamu berjualan. Berbagai bentuk digital ads juga tersedia di Facebook dan Google dengan budget yang bisa disesuaikan, serta menarget calon konsumen yang minatnya sesuai dengan produkmu.
- Buat Pendekatan dengan Konsumen
Demi menjangkau konsumen yang heterogen pada setiap platform-nya, brand dapat mendekatkan diri pada kelompok konsumen yang dituju. Sebagai contoh, jika produk yang ditawarkan adalah busana pria, maka kamu dapat menjual produk tersebut di marketplace dengan mayoritas pengguna pria. Kamu juga dapat mengupayakan untuk memberikan promo dan kalimat penyampaian yang sesuai dengan pria, sehingga terdapat kesesuaian antara konsumen dan brand dalam hal bahasa.
Selain itu, kamu bisa melakukan pendekatan berdasarkan data analitik yang didapatkan dari aktivitas toko online berupa traffic, aktivitas keranjang belanja, dan tingkat konversi. Performanya memang bisa berubah-ubah tergantung pada faktor tertentu. Akan tetapi, untuk menghindari performa rendah, kamu bisa menerapkan flash sale demi meningkatkan potensi penjualan pada konsumen berburu produk di tokomu.
- Terapkan Paket Bundling
Solusi menghabiskan produk pada akhir tahun bisa dilakukan dengan paket bundling. Paket bundling bisa menjadi penawaran menarik bagi konsumen saat penggabungan beberapa produk dijual dengan harga murah. Paket bundling biasanya menggabungkan produk best seller dengan produk yang sepi peminat. Paket bisa berupa beli satu gratis satu atau gabungan kedua produk dengan harga murah. Hal ini biasanya untuk menyiasati produk yang kurang diminati tetap bisa terjual.
Upayakan penawaran paket bundling terdapat kesamaan produk yang saling melengkapi. Misalnya, laptop dengan mouse atau sepatu dengan kaus kaki.
BACA JUGA : Fitur keren Year in Review dari Facebook dan Instagram, Yuk jelajahi!
Dari segi peralatan dapur, paket bundling kerap dilakukan dari ide kombinasi yang berkesinambungan berupa wajan dengan sudip atau pisau dengan talenan. Dengan begitu, nilai bundling produk bisa meningkat.
- Berkolaborasi dengan Brand Lain
Kolaborasi bersama brand lain menjadi salah satu cara ampuh untuk memperluas audiens dan menguatkan branding produk. Publik sempat dikejutkan dengan kolaborasi antara brand penyedap rasa dan brand kecantikan. Jika ditelisik lebih lanjut kedua brand ini berseberangan namun bisa menghasilkan inovasi produk yang menarik.
Lewat kolaborasi, segmentasi pasar bisa lebih luas dan dapat membantu memperkaya bisnis. Kerjasama dengan brand lain bisa dilakukan pada momen Harbolnas 12.12 dengan penawaran promo yang menarik. Ide kolaborasi kreatif bisa menjadi nilai plus bagi brand. Incar suatu kolaborasi untuk menghasilkan suatu produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.
- Beri Hadiah
Momen Harbolnas 12.12 tak ada salahnya menjadi tempat berbagi kepada konsumen. Berikan hadiah voucher spesial kepada konsumen yang sering belanja di tokomu dengan potongan harga atau gratis ongkos kirim. Bahkan bisa juga dengan memberikan hadiah gratis disertai ucapan terima kasih lewat gift card.
Hadiah bisa mempererat hubungan kamu dengan konsumen. Konsumen akan merasa diperhatikan dan semakin percaya terhadap tokomu. Efeknya justru bisa meraup konsumen baru jika konsumen membagikan kisahnya mengenai kebaikan tokomu memberi hadiah. Dengan begitu konsumen lain tertarik dan ikut serta belanja di toko kamu.
Itulah beberapa strategi promosi dalam menyambut Harbolnas 12.12. Kalo kamu berkenan, coba share strategi promo kamu di harbolnas 12.12 nanti? Tulis di kolom komentar ya.