Internet Indihome dan Telkomsel dilaporkan mengalami gangguan pada Minggu (19/9/2021), dan berlanjut hingga Senin (20/9/2021). Gangguan yang terjadi ramai diperbincangkan warganet, bahkan sempat masuk dalam trending topic di media sosial Twitter.
💥Penyebab
Menurut Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono, penyebab terjadinya gangguan jaringan Indihome dan Telkomsel telah terdeteksi. Teridentifikasi bahwa gangguan berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam, pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut.
Pujo menuturkan, pihaknya segera melakukan upaya perbaikan agar infrastruktur berfungsi normal.
SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengatakan telah terjadi gangguan sistem komunikasi kabel laut Jasuka (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak pada Jumat (19/9/2021) mulai sekitar pukul 17.33 WIB.
Gangguan tersebut berdampak pada penurunan kualitas layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia.
⏰Waktu Gangguan
Gangguan internet mulai dikeluhkan sejak Minggu (19/9/2021) sekitar pukul 17.33 WIB, dan dilaporkan berlanjut hingga Senin (20/9/2021) pagi. Meski begitu, TelkomGroup mengklaim layanan fixed maupun monile broadband di beberapa wilayah Indonesia telah berangsur pulih.
BACA JUGA : Google Bakal RIlis Android 12 Pada Bulan Oktober 2021
Pujo menjelaskan, pasca terjadinya gangguan sistem komunikasi kabel Laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, dilakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Ini dilakukan dengan melakukan penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti Papua, Kalimantan, dan Jawa. Selain itu, dilakukan optimalisasi gerbang internasional di Manado.
📌Wilayah yang Terdampak
Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin menyampaikan permohonan maaf atas gangguan jaringan internet yang terjadi. Gangguan tersebut menyebabkan layanan internet di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua menjadi terganggu.
Pihaknya mengatakan tengah mencari penyebab gangguan internet dan memprioritaskan pemulihan akses dengan cepat. “Saat ini kami bersama Telkom Group sedang berusaha untuk menemukan penyebab gangguan (Indihome gangguan dan Telkomsel gangguan), dan memprioritaskan percepatan pemulihan akses layanan internet di seluruh wilayah yang terdampak,” ujar Denny, dihubungi terpisah.
Telkom Klaim Layanan Kembali Pulih
Pihak Telkom mengklaim, layanan internet TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan). Sejak terjadinya gangguan, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam.
Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.
Tim oesman juga memantau bahwasanya pukul 15.30 layanan telkomsel dan indihome telah normal