Marketing Impact Demam BTS Meal
BTS Meal menjadi incaran konsumen setelah produk tersebut diluncurkan oleh McDonald’s (McD). Bahkan, para driver ojek online (ojol) membludak di gerai-gerai McD untuk membeli pesanan para fans BTS, ARMY.
Terkait fenomena tersebut, salah seorang pakar pemasaran menilai strategis marketing yang digunakan McD adalah pemasaran horizontal. Jika pemasaran vertikal bersifat satu arah, dan umumnya menggunakan media televisi, radio dan sebagainya, lain halnya dengan pemasaran horizontal. Pendekatan horizontal memanfaatkan konsumen di mana konsumen itu ngomongin tentang brand dari satu konsumen ke konsumen lain, dan ketika size-nya sedemikian besar kemudian itu membentuk viral.
Kehebohan BTS Meal tampaknya tidak hanya terjadi di kalangan penggemar BTS, ARMY saja. Momen ramainya BTS Meal ini pun tampaknya dimanfaatkan sejumlah pihak untuk mempromosikan usaha atau program mereka.
Marketing Impact Demam BTS Meal
Tidak hanya untuk bisnis, ‘demam’ BTS ini bahkan digunakan untuk kegiatan keagamaan hingga kalangan Pemerintahan. Mulai dari pesaing McD, Burger King Indonesia, badan zakat, perusahaan BUMN, perusahaan souvenir, perusahaan investasi saham dan produk lokal pun turut membuat promosi produk atau program dengan nama ‘BTS’ dengan kepanjangan yang telah diplesetkan.
Salah satu akun Qurban tidak ketinggalan memanfaatkan moment ini dengan melakukan promosi BTS, dengan menuliskan BTS pada kontennya dengan kepanjangan dari ‘Berqurban Tepat Sasaran’.
Akun BUMN dan Kementerian Indonesia pun turut serta memanfaatkan demam BTS Meal ini. Seperti akun PLN Jawa Barat yang menggunakan BTS untuk mengingatkan para pelanggannya membayar tagihan listrik. Dalam unggahan di akun Instagramnya, PLN Jabar menyertakan gambar dengan latar berwarna ungu bertuliskan PLN X BTS ‘Bayar Tagihan Sekarang’.
CGV perusahaan tuan rumah BTS pun gak mau ketinggalan jualan souvenirnya membuat konten promosi BTS dengan kepanjangan dari ‘Beli Tumbler Sekarang’.
Sejumlah bisnis keuangan pun turut memanfaatkan momen BTS Meal untuk promosi mereka. Seperti Bareksa, marketplace investasi ini menggunakan BTS Meal sebagai alat promosi formula investasi mereka. BTS Meal alias Bareksa Teman Suksesku itu digunakan untuk mempromosikan formula investasi bagi para investor.
Produk makanan juga pastinya ikut meramaikan demam BTS Meal ini. Salah satunya kompetitor McD yaitu Burger King Indonesia yang mengunggah berbagai promosi BTS, yang merupakan kepanjangan dari ‘Bokek Tetep Senang’.
Produk-produk lokal pun tak mau ketinggalan dengan menamakan produk mereka dengan kata BTS, yang merupakan kepanjangan dari ‘Baso Tahu Siomay’ dan ‘Botok Tahu Simbukan’.feb.