Mengulik strategi “BTS MEAL” yang dirilis oleh McDonald’s (McD)
Panganan kerja sama antara grup idola BTS dengan McDonald’s (McD) laris manis di Indonesia, bahkan trending di berbagai sosial media.
Strategi marketing yang digunakan McDonald’s (McD) dalam hal ini adalah strategi promotional partnership, yaitu merupakan kerjasama suatu perusahaan dan unit bisnis lain dengan tujuan buat aktivitas promosi. McDonald’s (McD) menggandeng BTS untuk promosi menu signature item terbaru mereka yaitu The BTS Meal. The BTS Meal ini berisi 10pcs Chicken McNugget, medium fries, dan medium coke, plus disertai saus khusus yg terinspirasi resep dari McD South Korea.
Bekerjasama dengan BTS, McDonald’s (McD) bertujuan mengenalkan signature items ini ke market global. Termasuk pertama kali muncul di market US.
Gak hanya promosi orderan signature items, kerjasama McD juga masuk ke lini merchandise di Weverse. Itemnya bermacam-macam, mulai dari topi, tote bags, jaket hoodies, bathrobes, kaos kaki, sandal, dll.
Sebagai tambahan, McDonald’s (McD) juga merilis debut iklan komersial TV yang menampilkan lagu terbaru BTS – Butter. Lagu “Butter” ini telah jadi semacam top request di 40 saluran radio US. Timing project McD bekerjasama mungkin bisa dikatakan tepat banget.
Konsep partnership ala BTS Meal bukanlah yg pertama kali McDonald’s (McD) lakukan, Tahun lalu McDonald’s (McD) pernah bekerjasama dengan penyanyi rapper, Travis Scott, untuk promosi signature items limited edition yang disebut sebagai The Travis Scott Meal.
Karena produk tersebut laku keras, McD sampai kehabisan supply bahan baku di beberapa gerai restoran mereka. Sehingga bagian logistik McD berusaha keras untuk memastikan vendor, distributor, dan cabang lain yang mungkin stocknya berlebih, untuk mengirimkan bahan baku ke gerai yang kehabisan. Berkat partnership ini, Travis Scott disebut meraih keuntungan mencapai $20 juta dollar atau setara kurang lebih Rp. 285 milliar.
Strategi ini juga pernah dilakukan pada tahun 1992. Saat itu yang digandeng McD adalah Michael Jordan, superstar NBA.
Jadi, menurut penulis Widas Satyo, Promotional partnership McD x BTS ini merupakan bagian dari strategi marketing terutama saat pandemi. Ditambah market share fanbase didominasi gen Z. rez