Resto Legend K-Drama Subway Bakal Hadir di Indonesia
Restoran Legend kdrama “Subway” akan kembali buka di Indonesia, kali ini diboyong oleh PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA) melalui anak perusahaannya PT Sari Sandwich Indonesia. Jaringan ritel makanan dan minuman (food and beverages/F&B) asal Amerika Serikat itu akan mulai hadir di Tanah Air pada kuartal IV 2021.
Restoran Subway pernah hadir di Indonesia pada 1990-an, tetapi hengkang pada Oktober 2000-an. Namun, Subway sebenarnya sudah dibuka sejak 1965. Melansir situs resmi Subway, ide membuka restoran sandwich muncul dari seorang fisikawan nuklir Dr. Peter Buck. Mahasiswa baru Fred DeLuca menyambut ide tersebut karena kebetulan ia juga butuh uang tambahan untuk membayar biaya kuliah. Buck memberikan investasi modal awal pada DeLuca senila 1.000 dollar AS. Restoran sandwich pertama Buck dan DeLuca dibuka di Bridgeport, Connecticut. Nama awal restoran ini adalah Pete’s Super Submarines yang kemudian berubah menjadi Pete’s Subway, dan berubah lagi jadi Subway.
Buck dan DeLuca berhasil membuka 16 restoran dari 1965-1974. Dan membuka waralaba Subway pertama di Massachussetts pada 1975. Saat ini Subway tercatat sebagai restoran sandwich terbesar di dunia dengan lebih dari 40.000 restoran di seluruh dunia.
Rencananya gerai restoran Subway pertama kali akan dibuka di Indonesia di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). Subway telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari peritel makanan dan minuman (F&B) di Indonesia, PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA), yang merupakan bagian dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP). Perjanjian tersebut menandai langkah awal dalam rencana agresif Subway untuk untuk memperluas kehadirannya di kawasan Asia Pasifik.
Resto Legend K-Drama Subway Bakal Hadir di Indonesia. Tidak seperti kebanyakan makanan cepat saji yang dijual oleh restoran waralaba, produk Subway biasanya tidak digoreng dan diisi dengan sayuran segar. Oleh karena itu, Subway mampu memposisikan dirinya sebagai pemasok makanan cepat saji yang lebih sehat. Namun dibalik kesuksesan Subway terdapat 3 nilai dan prinsip utama pendiri Subway Buck dan DeLuca yang dipertahankan sampai sekarang dan menjadi dasar bagi Subway di seluruh dunia.
1. Selalu memberikan layananan terbaik untuk konsumen
2. Menyediakan menu makanan dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau sehingga dapat dinikmati semua orang 3. Menjaga agar biaya pengoperasian tetap rendah, memastikan memiliki sistem yang terbaik dan tidak pernah berhenti berkembang.
Kehadiran Subway diharapkan bisa membawa angin segar untuk menambah variasi dan mengembangkan pasar F&B di Indonesia. Meskipun seperti yang kita tahu Pandemi Covid-19 membuat bisnis makanan dan minuman atau food & beverage (F&B) di segmen restoran cepat saji tak begitu gurih lagi, bahkan banyak bisnis restoran yang anjlok. Mampukah Subway dapat bertahan lama?.feb.