Retail Rankings 2021. Di era perkembangan ekonomi yang makin cepat dewasa ini, tentu kamu sudah cukup sering mendengar mengenai perusahaan atau bisnis ritel. Perusahaan Ritel atau Pengecer merupakan sistem pemasaran produk yang mana transaksi penjualannya langsung ditujukan ke konsumen. Istilah lainnya bisa disebut sebagai B2C (Business to Consumen). Di sini konsumen sebagai pihak terakhir yang menggunakan produk ini dan tidak dijual lagi.
Ritel memiliki potensi yang besar mengingat pasarnya adalah konsumen perorangan yang terus bertumbuh setiap waktu. Konsumen ini pulalah yang menentukan tren bisnis ritel mana yang sedang diminati dan punya potensi paling menggiurkan.
Produk yang biasa dijual oleh pengecer atau perusahaan ritel biasanya adalah produk makanan, perabotan rumah tangga, produk kemasan, pakaian, dan produk yang biasa digunakan masyarakat sehari-hari.
Perusahaan ritel terus tumbuh dan berkembang di Indonesia. Selain membuka lapangan pekerjaan, perusahaan ini berkontribusi besar pada perekonomian nasional. Walaupun, pandemi Covid-19 mengguncang daya tahan industri ini. Ada beberapa Ritel yang bertahan dan bisa tetap tumbuh.
BACA JUGA : Selamat Hari Pahlawan 10 November 2021
Indomaret menjadi ritel dengan nilai konsumen tertinggi dalam Retail Rankings 2021 yang dibuat YouGov. Perusahaan ritel milik konglomerat Anthoni Salim tersebut memiliki skor sebesar 42,9 poin.
Alfamart, pesaing langsung Indomaret, yang dimiliki oleh salah satu pengusaha terkaya di Indonesia, yakni Djoko Susanto (Kwok Kwie Fo atau A. Kwie) menduduki posisi kedua dengan skor sebesar 37,5 poin. Peritel buku dan alat tulis Gramedia berada di posisi ketiga dengan skor 27,4 poin.
Transmart Carrefour yang bergerak di bidang hypermarket menduduki posisi keempat dengan skor 23,5 poin. Peritel perkakas rumah tangga ACE Hardware berada di posisi lima dengan nilai 20,1 poin.
Retail Rankings 2021 menunjukkan merek pilihan konsumen Indonesia selama 12 bulan. Peringkat ini dihitung berdasarkan YouGov Brand Index yang menilai impresi, kualitas, nilai, kepuasan, dan rekomendasi yang diberikan responden terhadap satu jenama.
Peringkat ini menunjukkan nilai rata-rata tertinggi tiap kriteria dengan periode perhitungan selama 1 September 2020 – 31 Agustus 2021. Survei ini merepresentasikan populasi umum orang dewasa di atas umur 18 tahun.