Tetap Produktif Saat Work From Home
Selama pandemi Covid-19 banyak orang terpaksa work from home atau bekerja dari rumah, dan tak sedikit yang kesulitan menjaga produktivitas diri selama bekerja di rumah atau work from home (WFH). Apakah kamu termasuk orang yang kesulitan menjaga produktivitas diri saat kerja dari rumah?
Sejumlah cara bisa dilakukan guna menjaga produktivitas diri selama bekerja di rumah atau work from home (WFH). berikut kami berikan sedikit tips agar kamu tetap produktif saat kerja dari rumah. Apa sajakah?
1. Membuat jadwal harian dan to-do list.
Buatlah daftar pekerjaan yang harus kamu selesaikan setiap hari. Hal ini akan memudahkanmu untuk fokus. Ketika ada hambatan saat bekerja, paling tidak kamu memiliki panduan, mana yang sudah dikerjakan, mana yang harus segera diselesaikan sehingga tak ada yang terlewat.
2. Menentukan prioritas harian
WFH membuat seseorang sulit menentukan fokusnya. Selain membuat jadwal harian, kamu juga perlu menentukan skala prioritas dari pekerjaan kamu demi tetap menjaga fokus dan menjadi lebih produktif dalam pekerjaan. Kamu bisa membuat tingkat prioritas atas setiap tugas dan pekerjaan dengan memberikan label rendah, sedang dan tinggi. Jangan pernah meremehkan tugas-tugas kecil yang bermanfaat seperti memeriksa email, merapikan dokumen, dan memeriksa kembali to-do list kamu.
3. Menentukan waktu istirahat
Kamu mungkin merasa bahwa semakin lama kamu bekerja maka semakin maksimal juga hasil yang akan didapatkan. Pernyataan tersebut tentunya benar, akan tetapi tahukah kamu bahwa tubuh dan otak kita akan menjadi lebih produktif apabila memiliki cukup waktu istirahat? Jangan memaksa diri untuk terus bekerja tanpa henti. Jangan lupa memberikan diri waktu sejenak untuk sekedar istirahat, dan kembalilah bekerja di saat kamu telah merasa pulih dari keletihan.
4. Menghindari penggunaan media sosial saat jam kerja
Media sosial sering dijadikan pelarian ketika jenuh mengerjakan sesuatu. Hal ini boleh-boleh saja. Namun, dalam aktivitas WFH, penggunaan media sosial wajib buat kamu hindari. Bagaimana pun, media sosial mudah menarik seseorang untuk berlama-lama menyimak di dalamnya. Dengan berbagai informasi yang dikabarkan, media sosial dapat membuat seseorang rela membuang waktu yang dimiliki. Ingatlah, waktu adalah sebuah aset yang sangat berharga dan tidak akan pernah kembali lagi.
5. Membagi waktu antara pekerjaan kantor dan urusan rumah
Dalam menjalani WFH, siapa pun pasti sering kesulitan membagi waktu antara pekerjaan kantor dan urusan rumah. Agar tetap efektif dan produktif, kamu perlu membagi waktu buat keduanya. Membagi waktu dapat dimulai dengan menentukan jam kerja selama WFH. Ketika jam kerja telah ditentukan, sebisa mungkin untuk tidak menyelesaikan urusan rumah di waktu bekerja itu. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Dengan demikian, WFH harus dilakukan secara maksimal.
6. Memanfaatkan fasilitas daring
untuk koordinasi kebutuhan sehari-hari Dalam kondisi pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat seperti sekarang, hal yang dapat menunjang efektivitas WFH salah satunya memanfaatkan fasilitas daring secara maksimal untuk berkoordinasi.
Untuk itu, Tetap Produktif Saat Work From Home. pastikan semua channel komunikasi seperti Whatsapp, Telegram, atau Slack selalu standby. Jika perlu, kamu bisa melakukan video call atau conference call dengan menggunakan tools seperti Zoom, Skype, atau Google Meeting. Memastikan ketersediaan channel komunikasi adalah hal utama yang harus dipenuhi oleh setiap orang ketika melakukan work from home.feb.