Tips bagi pengusaha online, nama brand adalah investasi jangka panjang yang perlu dipikirkan dengan matang.Maka dari itu diperlukan sebuah tips atau hal yang perlu diperhatikan sebelum menentukan dan memilih nama brand untuk bisnismu. Sehingga nantinya brand kamu lebih menjual, lebih menarik dan lebih mudah diingat oleh pelangganmu.
Memilih Nama yang Tidak Pernah Digunakan
Hal pertama yang bisa dilakukan sebelum menentukan nama untuk brand dari perusahaan adalah memilih nama yang belum pernah digunakan. Sehingga nantinya nama yang telah ditentukan tidak digunakan oleh perusahaan lain. Selain itu, nama tersebut juga sudah bebas dari hak paten yang biasanya diterapkan. Maka dari itu Anda harus cermat sebelum memilih nama merek pada produk Anda. Salah satu contoh untuk mengeceknya adalah dengan menggunakan sebuah fasilitas yang berupa pencarian Google, untuk melihat nama apa saja yang sudah digunakan oleh perusahaan lain. Selain itu, bisa melihat apakah nama yang dipilih memang tidak terkait dengan hal yang buruk, sehingga Anda bisa mengganti nama jika diperlukan.
Merancang Nama yang Unik dan Singkat
Sebelum membuat nama untuk sebuah brand sebaiknya membuat rancangan yang bersifat unik dan juga singkat. Karena jika nama untuk brand tersebut memiliki kedua sifat ini akan memberikan banyak keuntungan pada suatu bisnis. Di mana nama brand yang unik tersebut nantinya akan lebih mudah diingat konsumen. Pemilihan nama ini sebaiknya hanya menggunakan satu sampai dua kata saja yang sesuai dengan produk. Namun Pastikan Anda menghindari pemilihan nama dengan konotasi yang bersifat negatif. Karena pemilihan nama yang buruk ini nantinya akan mempengaruhi citra dari sebuah bisnis yang telah dijalankan.
Sangat Mudah Didengar dan Juga Diucapkan
Bukan hanya merancang sebuah nama untuk brand yang bersifat unik dan singkat saja. Akan tetapi nama tersebut juga harus mudah untuk didengar oleh orang lain. Sehingga nama tersebut akan mudah diingat dan mudah dicerna oleh otak seseorang agar tidak mudah di lupa. Selain itu, nama ini juga harus mudah diucapkan. Hindari penggunaan nama yang sulit atau rumit didengar,, seperti dengan menggunakan nama bahasa asing. Karena tidak semua orang tidak megetahui bahasa asing. Selain itu, penulisan dan cara pengucapan dari bahasa asing tersebut juga tidak sama. Maka besar kemungkinan konsumen akan lupa terhadap nama suatu brand.