Youtube Luncurkan Fitur Shorts Untuk Saingi Tiktok & Instagram Reels
Popularitas TikTok pada akhirnya membuat sejumlah pesaingnya ingin merasakan hal serupa. Instagram membuat aplikasi mirip sekali dengan TikTok yang diberi nama Reels. Nah, kali ini, YouTube pun melakukan hal serupa dengan merilis Shorts. YouTube resmi meluncurkan fitur video pendek Shorts di Indonesia kemarin pada hari Jumat tanggal 23 Juli 2021. Fitur mirip TikTok dan Instagram Reels itu memungkinkan penggunanya bisa membuat konten video berdurasi 15 detik hingga 60 detik.
Seperti halnya Instagram yang memasukkan Reels sebagai salah satu fitur di dalam aplikasinya, demikian juga dengan YouTube. Shorts akan tersedia sebagai salah satu fitur dari aplikasi utama YouTube. Hal ini wajar, mengingat membuat aplikasi baru lebih membutuhkan waktu dan biaya. Jadi, lebih praktis kalau memanfaatkan aplikasi yang sudah memiliki basis penggemarnya sendiri.
Youtube Luncurkan Fitur Shorts Untuk Saingi Tiktok & Instagram Reels memakai tampilan vertikal pada menu Shorts itu. Tampilan ini mirip seperti TikTok dan Instagram Reels. Pengguna bisa menggeser konten-konten yang ingin dilihatnya. Pengguna juga bisa menyukai atau like, memberi komentar, atau memberi subscribe pada pembuat konten.
Untuk dapat memberikan musik pada video Shorts, YouTube mengandalkan lisensi musiknya. Sebagaimana diketahui, hampir semua musik saat ini ada di YouTube. Pengguna pun bisa mengatur waktu hitung mundur kapan proses perekaman akan dilakukan. Tidak hanya itu, mereka juga dapat mengontrol kecepatan video untuk menambahkan beberapa opsi kreatif.
Untuk memastikan pengguna bisa memakai fitur baru ini, YouTube memberikan sebuah tombol khusus. Posisinya di aplikasi, terdapat menu Shorts antara menu Home dan ikon Plus. Kemudian, saat meng-klik menu Shorts, pengguna bisa menonton berbagai video Shorts dari pembuat konten secara global. YouTube menyatakan bahwa fitur ini masih hadir dalam bentuk ‘beta’. Artinya, YouTube mengisyaratkan masih adanya ruang pengembangan lain untuk fitur ini.
Nah bagaimana caranya membuat YouTube Shorts?
Caranya cukup mudah, yaitu:
1. Masuk ke aplikasi YouTube.
2. Temukan tombol ‘+’ pada home pahe.
3. Pilih ‘Create a Short’.
Selain menggunakan tombol kamera, pengguna juga bisa mengunggah video dari galeri perangkatnya. Kemudian, sebelum mengunggahnya, pengguna bisa melakukan pengeditan.
YouTube pertama kali meluncurkan Shorts di India pada September 2020. Sejak saat itu, video di YouTube Shorts melampaui 6,5 miliar penayangan setiap harinya. Perkembangan Shorts di Negeri Bollywood didukung kebijakan pemerintah India yang memblokir TikTok karena dianggap membahayakan keamanan data pribadi.
Kemudian, YouTube meluncurkan Shorts di Amerika Serikat (AS) Maret tahun ini. Di Negeri Paman Sam, YouTube bekerja sama dengan Universal Music Group, Sony Music Entertainment, Warner Music Group dan Warner Chappell Music, Believe, Merlin, 300 Entertainment, Kobalt, Pengemis, CD Baby, Empire, Peer, Reservoir, OneRPM, dan lainnya untuk ketersediaan musik.
Sebelumnya YouTube hanya memberikan akses Shorts di 26 negara. Namun, saat ini fitur tersebut sudah tersedia di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.feb.