Belanja di Fitur Baru Twitter. Twitter Inc akan bereksperimen dengan memungkinkan perusahaan memamerkan hingga 50 produk untuk dijual di profil akun. Perusahaan sudah menguji coba fitur belanja ini sejak tahun lalu. Ini merupakan bagian dari upaya untuk mendapatkan pasar social commerce di Amerika Serikat (AS) sebesar US$ 45 miliar.
Uji beta fitur Toko Twitter akan tersedia untuk bisnis tertentu di AS. Bakal terlihat juga oleh orang-orang yang menggunakan aplikasi Twitter di iPhone. Operator nirkabel AS Verizon, menjadi salah satu mitra uji coba fitur belanja di Twitter. Profil akun mereka menampilkan penutup ponsel (cases) iPhone dan pengisi daya nirkabel.
Berikut cara bertransaksi di Twitter
1. Klik profil perusahaan di Twitter
2. Pilih produk
3. Pengguna diarahkan ke situs web merchant untuk pembayaran
Eksperimen itu memperluas fitur sebelumnya yang mulai diuji Twitter tahun lalu. Saat itu, hanya lima produk yang bisa dipamerkan di profil Twitter.
Perusahaan yang berbasis di San Francisco itu juga bereksperimen dengan belanja lewat siaran langsung (live streaming). Ini memungkinkan orang membeli pakaian, aksesori, dan barang-barang lainnya sambil menonton video langsung dari pemilik merek.
Twitter juga mengembangkan tampilan baru Twitter Shopping Card di platform. Pengguna bisa menemukan tombol ‘belanja’ di tampilan itu. Ini dapat diklik untuk mengetahui detail produk seperti nama, toko, dan harga. Sebelumnya, pada 2015 Twitter juga pernah bereksperimen dengan tombol “Buy Now” dan halaman produk
Facebook, Instagram, WhatsApp, YouTube Google hingga Tiktok lebih dulu menghadirkan layanan berbelanja di media sosial. Facebook mengembangkan layanan belanja online atau Facebook Shop sejak 2016.
Sedangkan induk usaha TikTok, ByteDance pertama kali berkolaborasi dengan perusahaan e-commerce asal Kanada, Shopify pada Oktober 2020. Jutaan penjual di Shopify bisa mempromosikan barang dagangan mereka di platform TikTok.
Meskipun masih dalam tahap uji coba, fitur baru Twitter akan membantu banyak penjual, setara debfab Shopify di TikTok dan Iklan di Facebook. Kita tunggu saja update dari twitter selanjutnya.
Bagaimana Pendapatmu? Bagikan dengan kami!
Sumber: katadata.co.id